Username : Password: Register || Lupa Password
Selamat datang di Fansub dan Forum Naruto Shippuuden Indonesia, NSIF. Disini tempatnya Download Video dan Soft Subtitle Naruto Shippuuden Bahasa Indonesia.

Untuk melihat segala isi forum, termasuk link download silahkan kamu login, atau jika belum mempunyai account, silahkan mendaftar terlebih dahulu. Terima kasih!
Official NSIF Fanpage FacebookNSIF on Twitter
Member baru perkenalkan diri di sini
Member NSIF tercinta, selain mengunjungi NSIF Document, kunjungi juga NSIF Discussion.
Afiliasi/tukeran banner?  klik disini.
Hi kawan-kawan, NSIF bikin grup baru di facebook nih, ikutan gabung ya.. @ NSIF Loverz

You are not connected. Please login or register

Karinding (Alat Musik dari Jawa barat) .. lihat insya Allah bermanfaat!!!!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

Aditya Tirtawiguna




SAMPURASUN URANG SUNDA



Awalnya karinding adalah alat yang digunakan oleh para karuhun untuk mengusir hama di sawah—bunyinya yang low decible sangat merusak konsentrasi hama. Karena ia mengeluarkan bunyi tertentu, maka disebutlah ia sebagai alat musik. Bukan hanya digunakan untuk kepentingan bersawah, para karuhun memainkan karinding ini dalam ritual atau upaca adat. Maka tak heran jika sekarang pun karinding masih digunakan sebagai pengiring pembacaan rajah. Bahkan, konon, karinding ini digunakan oleh para kaum lelaki untuk merayu atau memikat hati wanita yang disukai. Jika keterangan ini benar maka dapat kita duga bahwa karinding, pada saat itu, adalah alat musik yang popular di kalangan anak muda hingga para gadis pun akan memberi nilai lebih pada jejaka yang piawai memainkannya. Mungkin keberadaannya saat ini seperti gitar, piano, dan alat-alat musik modern-popular saat ini.

Beberapa sumber menyatakan bahwa karinding telah ada bahkan sebelum adanya kecapi. Jika kecapi telah berusia sekira lima ratus tahunan maka karinding diperkirakan telah ada sejak enam abad yang lampau. Dan ternyata karinding pun bukan hanya ada di Jawa Barat atau priangan saja, melainkan dimiliki berbagai suku atau daerah di tanah air, bahkan berbagai suku di bangsa lain pun memiliki alat musik ini–hanya berbeda namanya saja. Di Bali bernama genggong, Jawa Tengah menamainya rinding, karimbi di Kalimantan, dan beberapa tempat di “luar” menamainya dengan zuesharp ( harpanya dewa Zues). Dan istilah musik modern biasa menyebut karinding ini dengan sebutan harpa mulut (mouth harp). Dari sisi produksi suara pun tak jauh berbeda, hanya cara memainkannya saja yang sedikit berlainan; ada yang di trim (di getarkan dengan di sentir), di tap ( dipukul), dan ada pula yang di tarik dengan menggunakan benang. Sedangkan karinding yang di temui di tataran Sunda dimainkan dengan cara di tap atau dipukul.

Material yang digunakan untuk membuat karinding (di wilayah Jawa Barat), ada dua jenis: pelepah kawung dan bambu. Jenis bahan dan jenis disain bentuk karinding ini menunjukan perbedaan usia, tempat, dan sebagai perbedaan gender pemakai. Semisal bahan bambu yang lebih menyerupai susuk sanggul, ini untuk perempuan, karena konon ibu-ibu menyimpannya dengan di tancapkan disanggul. Sedang yang laki-laki menggunakan pelapah kawung dengan ukuran lebih pendek, karena biasa disimpan di tempat mereka menyimpan tembakau. Tetapi juga sebagai perbedaan tempat dimana dibuatnya, seperti di wilayah priangan timur, karinding lebih banyak menggunakan bahan bambu karena bahan ini menjadi bagian dari kehidupannya.[1]

Karinding umumnya berukuran: panjang 10 cm dan lebar 2 cm. Namun ukuran ini tak berlaku mutlak; tergantung selera dari pengguna dan pembuatnya—karena ukuran ini sedikit banyak akan berpengaruh terhadap bunyi yang diproduksi.

Karinding terbagi menjadi tiga ruas: ruas pertama menjadi tempat mengetuk karinding dan menimbulkan getaran di ruas tengah. Di ruas tengah ada bagian bambu yang dipotong hingga bergetar saat karindingdiketuk dengan jari. Dan ruas ke tiga (paling kiri) berfungsi sebagai pegangan.

Cara memainkan karinding cukup sederhana, yaitu dengan menempelkan ruas tengah karinding di depan mulut yang agak terbuka, lalu memukul atau menyentir ujung ruas paling kanan karinding dengan satu jari hingga “jarum” karinding pun bergetar secara intens. Dari getar atau vibra “jarum” itulah dihasilkan suara yang nanti diresonansi oleh mulut. Suara yang dikeluarkan akan tergantung dari rongga mulut, nafas, dan lidah. Secara konvensional—menurut penuturan Abah Olot–nada atau pirigan dalam memainkan karinding ada empat jenis, yaitu: tonggeret, gogondangan, rereogan, dan iring-iringan.

kalo kurang kelas boleh di lihat cara memainkan karinding disini

moga bermanfaat untuk agan" sekalian .. piss
kalo ada yang kurang paham atau tidak mengerti bisa tanya ane langsung .

di tunggu komennya agan " karena tanpa komen thread ini gk akan seruuuuu uuuuuuu yareyare



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Hashirama_Syamsi




kira2 karinding sama angklung lebih tua mana?.. Kalo menurut kk kan karinding ada yg ditiup sama di pukul, yg di gambar kk itu ditiup ato dipukul?..
Secara keseluruhan, infonya bagus gan buat nambah wawasan nusantara nih..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Aditya Tirtawiguna




ya lebih tua karinding donk .. karinding tuh aat musik zaman dulu .
kalo yang di gambar di tiup ..



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Hashirama_Syamsi




Itu ditiup ya.. kok keliatan gak ada lubang buat niup ya bang adit?.. Bener gak ato ane kurang teliti?..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Aditya Tirtawiguna




jadi di tiup nya itu bukan dari lubang.
gini . kan di karinding itu ada belahan yg berbentuk kaya jarum(liat di gambar). nah bagian itu yg harus di gerakin dengan cara di pukul ..



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Hashirama_Syamsi




Owww.. pas dipukul nanti jarum nya bergetar trus ngehasilin suara gitu ya bang adit?..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Aditya Tirtawiguna




yosh betul banget tuh ..
eh ya ngomong" kamu juga punya alat musik ini ??



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Hashirama_Syamsi




Wah ane gak punya bang adit.. Ane mah asli jawa timur lebih tepatnya surabaya..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Aditya Tirtawiguna




main donk ke kota Bandung .
nanti bisa liat komunitas alat musik karinding di sini !!



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Hashirama_Syamsi




Wah ane udah ke bandung bang adit pas ane lagi Study Excursie ke ITB.. Cuman ane sempet ke tampat wisatanya cuman cihampelas, cimahi sama kawah putih aja.. Yah mungkin, kalo pas liburan aja ane kesana lagi..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Aditya Tirtawiguna




hoho ternyata pernah ke bandung mampir ke kota cimahi lagi ..
gimana indah gk kota bandung ?padahal di cimahi juga ad lo komunitas karinding ..



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Aditya Tirtawiguna




hoho ternyata pernah ke bandung mampir ke kota cimahi lagi ..
gimana indah gk kota bandung ?padahal di cimahi juga ad lo komunitas karinding ..



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Hashirama_Syamsi




Iya bang adit.. Indah banget.. Tapi yg daerah Lembang (klo gak salah namanya) itu dingin banget, kayak masuk lemari es gitu.. Kalo Cimahi, ane mampir ke rumah temen ane itu bang.. Emang di cimahi bagian mana tuh komunitas nya?..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Aditya Tirtawiguna




ohh Lembang lumayan deket sam tempat tinggal ane gan ..
klo komnitasnya di cimahinya juga ad ,, trus klo kesebeah sininya di daerah Batujajar. dan di daerah padalrang(daerah tmpt tinggal ku) juga ada..
klo pusatnya ada di garut ..



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Hashirama_Syamsi




Kebetulan ane dulu nginepnya sih di hotel yg gak seberapa elit gitu, kalo gak salah namanya Hotel Pelangi sih..
Emang di cimahi bagian mana bang adit?.. Apanya Fin Komodo yg perusahaan off road?..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Aditya Tirtawiguna




aduhh lupa nama daerahnya ,,,
tpi yg pasti itu ada di padalrang ...
salah satu personilnya tmn saya ..



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Hashirama_Syamsi




daerah padalarang itu daerah mana bang adit?.. Ane sih pernah denger, cuman pas ke bandung, gak sempet ke sana..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Aditya Tirtawiguna




daerah Bandung Barat ..
kn Bang pernah ke CImahi , dari sono tinggal lurus aj .nanti nyampe deh .



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Hashirama_Syamsi




Kalo lurus terus kan jalan nya berliku kalo gak salah n nanti ya tembus Lembang dong bang..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Aditya Tirtawiguna




emmzz gini aj dehh ..
bang syamsi mau tau salah satu personil nya komunitas karinding yang ada di padalarang kan ... nih aku kasih facebooknya dan liat aj letak keberadaannya di infonya DISINI!!!



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Hashirama_Syamsi




Oke deh bang adit.. Ane liat dulu ya.. Btw, ini temen bang adit kah?..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Aditya Tirtawiguna




ya itu tmn ane ..
tmn satu sekolah satu kelas satu bangku lagi ..hhee



Days go on and on and on
And the night just seem so long
I've been driven up and down
Wish that I could turn back time


And you know how hard I've tried
and you hung me up to dry
i will never ask you why
cause we all know loves takes time


I WILL WAIT...
https://www.facebook.com/klakzon.slamanya

Hashirama_Syamsi




Wah sip kalo gitu.. Makasih link nya ya bang adit.. Ane baca2 dulu postingan temen bang adit di FB itu..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Sponsored content


Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik


Watch Anime Sub IndonesiaNBL Favicon1 Baca Manga Manga And Watch Anime Online Bahasa Indonesia Terbaru GratisoploverzMangadistroBelajar MangaBaca Komik Manga NarutoMangakumangacodemasukyukganVic Scan http://narutohinata-sharingan.blogspot.com/yahyabaguyrxfilesz MangamaruMangaEsta | Baca Komik dan Manga OnlineAnime's Tail | Free Watch Anime Online | Free Download Shippudenverse≈Poetra Pajaten Cheater≈FORUM RPG INDO Paradox Academy Naruto Shippuden Fansub Indonesia SAO Indonesia NS.sub Indo&Software ComputerUchiha CLAN Indonesia

© 2010-2013 NSIF. All rights reserved.