Username : Password: Register || Lupa Password
Selamat datang di Fansub dan Forum Naruto Shippuuden Indonesia, NSIF. Disini tempatnya Download Video dan Soft Subtitle Naruto Shippuuden Bahasa Indonesia.

Untuk melihat segala isi forum, termasuk link download silahkan kamu login, atau jika belum mempunyai account, silahkan mendaftar terlebih dahulu. Terima kasih!
Official NSIF Fanpage FacebookNSIF on Twitter
Member baru perkenalkan diri di sini
Member NSIF tercinta, selain mengunjungi NSIF Document, kunjungi juga NSIF Discussion.
Afiliasi/tukeran banner?  klik disini.
Hi kawan-kawan, NSIF bikin grup baru di facebook nih, ikutan gabung ya.. @ NSIF Loverz

You are not connected. Please login or register

Asal-usul Kota SEMARANG

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1 Asal-usul Kota SEMARANG on Tue 07 Aug 2012, 09:17

aguestshinee

avatar


Asal-usul
Kota SEMARANG


Kota Semarang
adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.Kota ini terletak sekitar 466 km sebelah timur Jakarta, atau 312 km sebelah barat Surabaya, atau 624 km sebalah barat daya Banjarmasin. Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat. Secara fisik, Semarang terletak di daerah pantai utara laut jawa. Sejarah Semarang berawal kurang lebih pada abad ke-8 M, yaitu daerah pesisir yang bernama Pragota (sekarang menjadi Bergota) dan merupakan bagian dari kerajaan Mataram Kuno.
Daerah tersebut pada masa itu merupakan pelabuhan dan di depannya terdapat gugusan pulau-pulau kecil. Akibat pengendapan, yang hingga sekarang masih terus berlangsung, gugusan tersebut sekarang menyatu membentuk daratan. Bagian kota Semarang Bawah yang dikenal sekarang ini dengan demikian dahulu merupakan laut. Pelabuhan tersebut diperkirakan berada di daerah Pasar Bulu sekarang dan memanjang masuk ke Pelabuhan Simongan, tempat armada Laksamana
Cheng Ho bersandar pada tahun 1405 M. Di tempat pendaratannya, Laksamana Cheng Ho mendirikan kelenteng dan mesjid yang sampai sekarang masih dikunjungi dan disebut Kelenteng Sam Po Kong (Gedung Batu). Dan keberadaan kuil Sam Po kong ini masih ada sampai sekarang dan dijadikan sebagai tempat wisata, sekaligus bukti sejarah di kota Semarang. Dan kuil ini konon sebuah mesjid yang dijadikan tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah asal Tiongkok yang beragama Islam.



Spoiler:


Nama kota Semarang ini mempunyai cerita tersendiri. Ini dimulai dari kerajaan Demak yang merupakan salah satu kerajaan yang bercorak Islam di daerah Jawa Tengah. Hiduplah seorang pangeran yang terkenal bernama Raden Made Pandan. Beliau terkenal sebagai seorang ulama dan seorang bangsawan. Banyak orang yang hormat dan segan terhadap beliau.beliau mempunyai seorang putra yang bernama Raden Pandanarang. Seperti halnya bapaknya Raden Pandanarang ini terkenal sebagai anak yang sopan, ramah, baik hati dan berbakti kepada orang tuanya. Kemudian Raden Made Pandan mengajak anaknya dan para pengiringnya untuk meninggalkan kesultanan Demak. Mereka pergi ke arah barat untuk mencari daerah baru yang akan ditempati. Berhari-hari dalam perjalanan, akhirnya Raden Made Pandan meminta berhenti dan merasa cocok dengan daerah yang dirasa cocok untuk didiami. Hutan itu pun dibuka dan didirikan pondok pesantren dan lahan pertanian. Di tempat baru tersebut Raden Made Pandan mengajarkan agama Islam kepada para pengikutnya. Lama kelamaan keberadaan tempat tersebut dan pondok pesantren itu mengundang banyak orang untuk datang menimba ilmu agama di tempat tersebut. Ditempat inilah Raden Made Pandan merasa senang hati hidup bersama putranya. Beliau berharap sang putra nantinya bisa menggantikanya untuk menjadi guru agama Islam di tempat mereka sekarang. Sebelum meninggal Raden Made Pandan berpesan kepada putranya Raden Pandanarang agar melanjutkan cita-ita beliau. Raden Pandanarang diminta untuk tidak meninggalkan daerah tersebut. Raden
Pandanarang diminta untuk menyebarkan agama Islam di tempat itu serta mengelola tanah pertanian di sekitar derah itu.


Wasiat
ayahnya itu benar-benar diperhatikan oleh Raden Pandanarang. Raden Pandanarang menjadi seorang guru agama yang menyampaikan ilmu agama Islam kepada masyarakat sekitar, serta mengelola lahan pertanian. Dari hasil pertanian didapatkan hasil panen bahan pangan yang melimpah. Dengan relatif singkat banyak orang datang untuk belajar ilmu agama Islam. Suatu hari Raden Pandanarang menggarap lahan pertanian bersama para pengikutnya, tiba-tiba terjadi sesuatu yang aneh. Di antara pohon yang hijau subur itu terdapat beberapa pohon asam yang tumbuh saling berjauhan. Orang-oarang yang melihat hal itu juga heran, mengapa di tanah yang subur itu tumbuh pohon asam yang saling berjauhan. Saat melihat kejadian itu Raden Pandanarang mengatakan bahwa daerah ini saya beri nama Semarang. Berasal dari kata Asem yang jarang-jarang. Demikianlah asal usul kota Semarang yang kini menjadi kota yang ramai di Jawa Tengah bahkan menjadi ibu kota propinsinya. Karena jasanya membuka dan mendirikan pertama kali kota Semarang, yaitu Raden Pandanarang, maka beliau diangkat langsung sebagai pimpinan serta mendapat gelar Ki Ageng Pandanarang I.

2 Re: Asal-usul Kota SEMARANG on Tue 07 Aug 2012, 10:45

sandytrooper

avatar


wah sejarah kota semarang udh ada sejak kerajaan mataram kuno
dan udh jadi kota yang berpengaruh pada masanya

3 Re: Asal-usul Kota SEMARANG on Tue 07 Aug 2012, 11:25

aguestshinee

avatar


yupz, masih da hubungan dg Kerajaan Demak nich,,,
Kerajaan bercorak Islam...
penyebar agama islam di tanah jawa...

4 Re: Asal-usul Kota SEMARANG on Tue 07 Aug 2012, 14:44

NSIF_ANDRA.JR

avatar


wah kok sdh dibuatkan?
cepet amat, gmn ne , mau pke punyamu atau punyaku ?
sembarang, monggo.....

5 Re: Asal-usul Kota SEMARANG on Mon 11 Mar 2013, 14:38

Hashirama_Syamsi

avatar


Kalo dari sejarahnya,kota ini termasuk strategis pas dulu, soalnya sering dijadiin tempat singgahnya para saudagar terutama dari Arab dan China..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

6 Re: Asal-usul Kota SEMARANG on Thu 09 May 2013, 10:13

aguestshinee

avatar


yupz...
seperti pula demak,,,
tempat persinggahan para saudagar,,
dan tempat berkembangnx agama islam dipulau jawa..

7 Re: Asal-usul Kota SEMARANG on Tue 11 Jun 2013, 09:16

Hashirama_Syamsi

avatar


Jadi pengen kesana.. Mumpung bulan depan aku KP di tuban, sekalian klo senggang ke semarang deh..

http://www.facebook.com/syamsi.san?ref=tn_tnmn

Sponsored content


Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik


Watch Anime Sub IndonesiaNBL Favicon1 Baca Manga Manga And Watch Anime Online Bahasa Indonesia Terbaru GratisoploverzMangadistroBelajar MangaBaca Komik Manga NarutoMangakumangacodemasukyukganVic Scan http://narutohinata-sharingan.blogspot.com/yahyabaguyrxfilesz MangamaruMangaEsta | Baca Komik dan Manga OnlineAnime's Tail | Free Watch Anime Online | Free Download Shippudenverse≈Poetra Pajaten Cheater≈FORUM RPG INDO Paradox Academy Naruto Shippuden Fansub Indonesia SAO Indonesia NS.sub Indo&Software ComputerUchiha CLAN Indonesia

© 2010-2013 NSIF. All rights reserved.